10 April 2013

MotoGP ada lampu remnya!

Beberapa peraturan baru berlaku mulai musim balap 2012.yang utama tentu saja kembali ke mesin 1000 cc, berat minimal motor, diameter piston dll. Yang cukup mendapat perhatian adalah peraturan baru soal lampu safety,yang terpasang di bagian belakang/ekor motor. Lampu ini bisa berfungsi seperti layaknya lampu rem, meski posisinya mirip, tapi lebih seperti dibalap Formula 1, lampu ini juga bisa berkedip-kedip terus yang biasa digunakan saat kondisi wet race atau hujan. Berikut beberapa gambarnya :
1.Yamaha YZR-M1
Looks familiar.vixion..??
Jorge Lorenzo,Jerez test
Jorge Lorenzo,Jerez test
2.Hector Barbera – GP12
click for a closer look

3.Honda RC213V
almost hidden

Dani Pedrosa at Jerez test
Dani Pedrosa at Jerez test


















Dari ketiga motor diatas,mungkin yang paling mudah dan “nyaman” adalah milik Yamaha M1, karena posisinya yang “normal”. Sedangkan yang terpasang di GP12,mirip seperti tail onboard cam, kecil diatas ekor GP12. Lain lagi milik  RC213V yang posisinya agak ngumpet di kolong agak samping kiri, karena samping kanan ada dua leher knalpot.
Dari berbagai kejadian kecelakaan di MotoGP, tentunya pihak penyelenggara ingin lebih meningkatkan faktor keamanan bagi pembalap.pastinya mereka nggak mau ada kecelakaan seperti yang menimpa Marco Simoncelli terulang lagi.

MotoGP pakai Handguard ?


Jika anda penggemar berat motogp pasti akan memperhatikan detail dari pembalap maupun motornya, ada beberapa pembalap dari musim 2012 ramai-ramai pakai protektor rem depan. Bentuknya seperti hand guard di motor trail, bedanya ini lebih simpel, cuma besi aja melingkar di depan tuas rem depan.
Fungsinya pasti soal safety. Saat bersenggolan dengan pembalap lain, rem depan kerap tidak sengaja tertekan. Harusnya belum jatuh malah jadi ndelosor karena roda depan dipaksa berhenti.

Kejadian paling parah adalah pada MotoGP seri Catalunya tahun 2006 silam. Saat itu dua pembalap Ducati saling senggolan selepas start, karena tuas rem enggak sengaja ketekan, nyungsep sejadi-jadinya deh. Bukan cuma dua tapi rombongan jatuh semua.
















Mungkin berkaca dari sana part ini dibuat. Mudah-mudahan saja, MotoGP jadi makin aman. Oiya, Saya yakin banget pasti enggak lama lagi pelindung rem depan ini akan banyak versi variasinya.













Kerenkan, kalau dipasang dimotor harian..!

05 April 2013

Teknologi Baju Balap Jorge Lorenzo di MotoGP 2013

Merespon perintah untuk menggunakan airbag pada pakaian balap, Jorge Lorenzo sebagai pembalap utama ditim Yamaha Factory Racing pun menggunakan perangkat keselamatan tersebut.

"Keselamatan pembalap adalah hal yang paling penting dan sang Juara di MotoGP 2012 ini dilengkapi dengan sistem airbag Alpinestars Tech Air yang bekerja secara elektronik dengan fitur mutakhir."
"Keseluruhan teknologi keselamatan aktif tanpa kabel ini terkandung pada pakaian balap dan tidak bergantung pada sumber informasi eksternal atau sistem manajemen dari luar."



"Sistem mikroprosesor secara konstan mengecek pergerakan pembalap ketika Jorge berada di atas Yamaha YZR-M1 dan hal inilah yang menentukan kapan harus mengembangkan airbag yang terletak di dalam pakaian kulit pembalap. Jadi airbag ini akan mengembang secara instan dan merupakan proteksi yang efektif bagi bagian tubuh sebelah atas sebelum menghantam trek,"

"Alpinestars menawarkan sistem yang mampu mengembangkan kantung udara dalam waktu kurang dari 45 milidetik dengan menggunakan campuran gas nitrogen."

"Kantung udara yang telah terisi dapat memberikan proteksi penuh selama lebih dari 5 detik sebelum sistem akhirnya mengempes, dan uniknya jika pembalap kembali menaiki motor dan melanjutkan berkendara, sistem ini masih bisa melakukan tugasnya untuk yang kedua kali dalam level proteksi yang sama."

Replika baju balap ini dijual dengan harga $ 4.995; silahkan dirupiahkan sendiri. untuk Tech Air Race ini tersedia tiga warna dengan ukuran Eropa 48-56
 
Jadi jangan bingung lagi saat nonton aksi pembalap nomor 99 ini dan ada lampu yang menyala ditangan kirinya. Hehehe.. Canggih!

MOTO PROFIL

Foto saya
JAKARTA, DKI JAKARTA, Indonesia

Arsip Blog

Pengikut